Kamis, 13 Agustus 2015

PARTIKEL YANG LEBIH KECIL DARI ATOM

“Dan orang – orang yang kafir berkata. ‘Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami. Katakanlah ‘pasti datang demi tuhanku yang mengetahui yang gaib .Tidak ada tersembunyi dari padanya sebesar zarrah pun yang ada di langit dan yang ada di bumi dan tidak ada yang lebih kecil dari itu yang lebih besar, melainkan tersebut dalam kitab yang nyata (QS.SABA’: 3)

pic. arstechnica.com

Ayat Al Quran diatas dengan jelas menerangkan bahwa terdapat entitas yang lebih kecil dari atom . beberapa abad sebelum nabi Muhammad saw dilahirkan , terdapat sebuah teori terkenal tentang atomisme yang di kemukakan oleh filsuf yunani terutama Democritus , yang hidup pada abad ke 4 SM.


Democritus dan orang – orang yang datang sesudahnya berasumsi bahwa dunia material terbuat dari partikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom, yakni materi paling kecil, yang masing-masing memiliki massa yang sama dan sebagai satuan massa terkecil. Orang-orang arab juga memiliki pandangan seperti ini pada saat Al- Quran diturunkan . Kata dalam bahasa Arab ,zarah ,seringkali diartikan sebagai atom.pada tahun 1897 ,konsep atom yang tak dapat di bagi runtuh bekerja di Cavendish laboratory Cambridge menemukan bahwa ternyata atom bias dibagi dan ai menemukan electron .Seribu empat ratus tahun yang lalu ,Al Quran dengan menakjubkan telah menyebutkan tentang eksistensi  partikel sub atom dalam hal ini , Allah Swt. Berfirman :

 “ Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat Zarrah pun , niscaya dia akan melihat (balasan) nya . Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrah pun , Niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.”(QS.Al-Zalzalah : 7-8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar