Rabu, 08 Juli 2015

MAKHLUK HIDUP DI ALAM SEMESTA

“Di antara tanda-tandanya ialaha menciptakan langit dan bumi dan makhluk – makhluk yang melata yang dia sebarkan pada keduannya . Dan Dia maha kuasa mengumpulkan semuannya apabila dikehendaki –nya .”(QS.ASY – SYUURA: 29)
“Allah lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi .perintah allah berlaku padanya ,agar kamu mengetahui bahwasanya allah maha kuasa atas segala sesuatu ,dan sesungguhnya allah ilmu –nya benar –benar meliputi segala sesuatu.” (QS.Ath-Thalaag:12).
foto. feelgrafix.com


Jika kita perhatikan ayat Al-Quran diatas, jelaslah bahwa Al-Quran menyatakan bahwa bumi bukanlah satu – satunya yang ada dialam semesta  ini.Dengan demikian ,makhluk hidup juga tidak hanya terdapat dibumi ini.Tetapi,bumi lain tak terhitung banyaknya beserta makhluk hidupnya (tujuh bumi tampak sebagai makna kiasan dari banyaknya jumlah tersebut ) tersebar diseluruh alam semesta ini.


            Berkenaan dengan masalah diatas ,marilah kita perhatikan jumlah perkembangan yang telah terjadi dalam sains modern . Setelah menyadari luasnya alam semesta kita semenjak abad yang lalu, para ilmuwan mulai memercayai bahwa alam semesta yang sangat besar ini tentunya bukan hanya bumi . Namun demikian , sangat mungkin bahwa alam semesta memiliki sejumlah besar bumi dan berbagai makhluk hidup yang tersebar diseluruh alam semesta .
            Dalam tahun-tahun terakhir ini , para ahli biologi telah menemukan bakteri dibumi ,yang hidup dalam kondisi pada mulanya dianggap membahayakan kehidupannya , sebagaimana yang terdapat di antartika(sangat dingin), dan di lautan panas( sangat panas),dan di bebatuan yang sangat dalam di dasar bumi . Jenis-jenis bakteri ini di sebut extremophiles yang terdapat di bumi. Para Astrobiolog berharap bahwa kita dapat menemukan kehidupan bahkan dalam lingkungan yang sangat  ganas  di planet lain dan di bulan . Sekalipun kita tidak dapat menemukan kehidupan berperadapan tinggi di bintang yang jauh, setidaknya kita dapat menemukan bentuk kehidupan yang sederhana di planet kita sendiri . Ada beberapa tempat di system tata surya kita dimana terdapat air. Ada tanda – tanda  bahwa air mengalir di permukaan mars pada masa lampau ,dan terdapat bukti bahwa air masih terdapat dibawah tanah . Beberapa ahli astronomi beranggapan bahwa air dapat  diketemukan di satelit –satelit besar seperti Jupiter,dibawah permukaan es di eropa ,bahkan dikedalaman Ganymede Dan Callisto .Jika di tempat – tempat tersebut terdapat air , maka besat kemungkianan ada kehidupan . Bahkan ada yang beranggapan bahwa terdapat kehidupan di titan ,salah satu bulan saturnus.
            Semenjak diketemukannya radio , manusia telah menyebarkan gelombang radio ke angkasa luar. Peradaban lain di galaksi kita atau dari galaksi lain dapat pula melakukan hal yang sama terhadap kita. Mereka dapat dengan sengaja mengirim sinyal untuk menemukan peradaban yang lain . seseorang jauh di luar angkasa sana mungkin mengirimkan sinyal ke bumi . Penemuan lain yang sangat menarik adalah sinyal
“ WOW”.Pada 15 Agustus 1977 ,sebuah radio teleskop Big Ear di Ohio state University mengamati langit untuk mencari sinyal dari Extraterrestial in telligence .Ketika Jerry Ehman membaca Printout observasi malam itu , dia menemukan sinyal yang sangat kuat dan singkat .Ia pun melingkarinya dan menulis “ wow” ditepinya .s
            Para astronom cukup yakin bahwa sinyal tersebtu bukan berasal dari bumi , tetapi sinyal tersebut artifisial .sejumlah besar penduduk bumi meyakini bahwa UFO (Unidentified flying Objects – benda terbang tak di kenal ) adalah pesawat angkasa luar dari planet lain .
            Masalah lain yang perlu ditambahkan disini adalah bahwa setiap planet tampak nya memiliki seperangkat karakter khusus yang berbeda dengan penghuni system tata surya . Bahkan bulan –bulan yang lebih besar pada system tata surya menunjukan keragaman yang luar biasa di hampir setiap karakter yang dapat di bayangkan seseorang . Salah satu bulan di Jupiter ,Io,diliputi dengan gunung berapi aktif, sedangkan bulan yang lain callisto , tampak nya telah tua dan di penuhi lubang di seluruh permukaannya . Sejumlah besar karbon tampak disekitar system tata surya ,Bahkan di cincin Uranus . Molekul organic di temukan dimeteorit . Semua ini menunjukan bahwa mungkin memang ada kehidupan di tempat lain .
            Kesimpulan pentikng dari hasil riset yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika , Frank Drake ,Berkenaan dengan peradaban lain di luar kita sangat menakjubkan . Drake berasumsi bahwa sejumlah peradaban berteknologi  HANYA terdapat di galaksi Bimasakti kita (Ingat bahwa inilah salah satu galaksi di antara 1011 galaksi yang telah diketemukan hingga saat ini ). Pernyataan Drake tersebut memperkirakan jumlah bintang di galaksi bima sakti ,pembagian planet – planet yang dapat dihuni , pembagian planet tempat berasalnya kehidupan , berperadaban ,berperadaban yang mengembangkan teknologi ,dan peluang bahwa peradaban berteknologi ini sama seperti yang ada pada kita . Sekali pun menggunakan estimasi seperti di atas, sesungguhnya terdapat jutaan peradaban (106) dalam galaksi Bimasakti kita .
            Semua ini menunjukan bahwa terdapat sejumlah besar bumi dan peradaban lain , dan makhluk hidup yang ada di tempat lain dialam semesta ini . Sangatlah menakjubkan dan sangat penting untuk disebutkan bahwa 1400 tahun yang lalu, Al –Quran telah mewahyukan kepada nabi kita tercinta (yang bahkan tidak tahu baca tulis ) ,dalam jangka waktu tersebut, umat manusia sangat sedikit pengetahuannya tentang bumi kita, apalagi tentang alam semesta .Pada waktu itu , Al – Quran menyatakan adanya sejumlah besar bumi dan berbagai  makhluk hidup mendiami berbagai tempat di alam semesta . Dalam hal ini , Allah swt berfirman :
           
            “ katakanlah : Ruhul Qudus menurunkan Al –Quran itu dari tuhanmu dengan benar , untuk meneguhkan orang-orang yang telah beriman ,dan menjadi petunjuk serat kabar gembira  bagi orang – orang yang berserah  diri “ ,.( QS.An-Nahl: 102).


            “ Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduannya tanpa hikma .Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka.” (QS.Shaad:27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar