Rabu, 24 Februari 2016

FUNGSI OTAK MANUSIA

Allah swt berfirman dalam Al-Quran mengenai kejahatan orang-orang kafir yang melarang nabi Muhammad saw agar tidak shalat di Ka’bah :
           
          “Ketahui lah sungguh jika dia tidak berhenti ,niscaya kami Tarik ubun ubunnya .”(QS.Al-Alag:15-16)

Mengapakah Al-Quran menjelaskan tentang bagian depan kepala  sebagai dusta dan dosa ? Adakah hubungan antara bagian depan kepala dengan kedustaan dan dosa?


            Jika kita perhatikan tengkorak manusia dibagian depan kepala , kita akan menemukan prefrontal area pada cerebru . Apakah yang diceritakan oleh ilmu fisiologi kepada kita tentang fungsi area ini ? Sebuah buku berjudul ESSENTIALS OF ANATOMY & PHYSIOLOGY menyatakan tentang area ini “ Motivasi dan wawasan untuk merencanakan dan memulai gerakan terjadi di bagian anterior pada Frontal lobes, yakni prefrontal area . Inilah daerah cortex asosiasi …” buku tersebut juga mengatakan  , “ Dalam kaitannya dengan kegiatan dalam motivasi , prefrontal area juga di perkirakan sebagai pusat fungsional agresi …”

            Dengan demikian , area cerebrum ini bertanggung jawab atas kegiatan  perencanaan , motivasi , dan memulai perbuatan baik dan berdosa, dan juga bertanggung jawab dalam menceritakan kebohongan  dan berbicara benar. Dengan demikian , dapat dimengerti  bahwa bagian  depan kepala sebagai dusta dan dosa ketika seseorang melakukan dosa, sebagaimana yang dinyatakan dalam Al –Quran ,”…Dusta dosa itu (dibagian depan kepala ) .” para ilmuwan baru menemukan fungsi – fungsi  prefrontal area ini  selama tiga  puluh tahun  belakangan ini , demikian menurut professor keith L.Moore.Allah Swt berfirman :


            “Hari ketika kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada tuhan yang maha  pemurah sebagai perutusan yang terhormat. Dan kami akan  menghalau orang-orang yang durhaka keneraka jahannam dalam keadaan dahaga.”(QS.Maryam: 85-86)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar