Selasa, 19 April 2016

PUASA DAN ILMU PENGETAHUAN MODERN

          “Hai orang-orang yang beriman , diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana  diwajibkan  atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa .”(QS.Al-Baqarah : 183)

Bulan Ramadhan bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan  mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu ,

           
Barang siapa diantara kamu hadir di bulan ini , maka hendaklah  ia berpuasa  pada bulan ini,dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan , ,maka sebanyak hari yang  ditinggalkannya itu , pada hari – hari  yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu , dan tidak menghendaki kesukaran  bagimu . Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk nya yang diberikan kepada mu ,supaya kamu bersyukur “(QS.Al-Baqarah: 185)
“ Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupan nya  .ia mendapat pahala yang diusahakannya dan ia mendapat siksa yang dikerjaannya ..”(QS.Al-Baqarah : 286)

Dengan demikian ,puasa juga merupakan kewajiban bagi para nabi yang lain dan para pengikut mereka . Hikmah utama dibalik puasa Adalah  agar dapat menjadi hamba allah yang  sejati , dan dapat mengendalikan diri dari perbuatan dosa.
Meskipun hampir semua orang islam tidak berpuasa untuk menurunkan berat badan  atau untuk tujuan kesehatan yang lain , tetapi karena Allah swt sangat mencintai orang muslim, itulah sebabnya dia mewajibkan puasa sebagai rahmat dan karunia yang besar kepada umat islam.
Makanan diperlukan oleh tubuh kita untuk memberikan energy agar dapat dipergunakan langsung dengan  cara membakar  karbohidrat (gula) . Terlalu banyak karbohidrat yang tidak dapat digunakan akan disimpan  sebagai jaringan lemak di otot dan sebagai glikogen diliver untuk digunakan dimana datang . Ketika seseorang berpuasa( mengonsumsi karbohidrat rendah ) secara drastic ia menurunkan kadar glukosa darah dan insulin.Hal ini menyebabkan berhentinya glikogen dari liver untuk memberikan glukosa untuk menghasilkan energy yang diperlukan , juga berhentinya lemak untuk memberikan energy yang diperlukan . Dengan cara ini , puasa merupakan tindakan yang sangat baik untuk mengendalikan berat badan.bagi orang yang berlebihan berat badan  puasa sangatlah bermanfaat.Disamping itu , shalat sunah tarawih selama bulan ramadhan  juga membantu  kita untuk memperlancar metabolisme.dalam salah satu penelitian terungkap bahwa shalat tarwih dapat membakat 200 kalori energy , sehingga tarawih juga membantu  mengurangi berat badan …
Puasa ramadhan merupakan cara yang baik untuk mengatasi diabetes , kegemukan , dan hipertensi . didalamnya terdapat kedamaian dan ketenangan bagi orang-yang berpuasa  selama bulan ramadhan . kesabaran adalah sifat penting yang ditekankan  dalam akhlak islam . orang islam  berjuang untuk mencapai kesabaran dalam kehidupan pribadi maupun social , dan untuk  mencapai tujuan ini ia tentu menghadapi berbagai masalah .
Puasa , terutama  pada hari yang sangat panas, membuat orang yang berpuasa mengalami dahaga yang amat sangat,  maka ia belajar kesabaran dan mampu menanggung kesulitan dengan mudah . diberbagai  tempat, Al-Quran menasihati dna menekankan kepada kita agar bersabar.
“Hai orang- orang yang beriman jadikanlah dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya allah beserta orang-orang yang sabar .”(QS.Al-Baqarah : 153)
“ Hai orang – orang yang beriman , bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu  dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah , Supaya kamu beruntung” (QS.Ali-Imran : 200)
Puasa mengajarkan kita untuk bersabar , bahkan juga dalam masalah seks , sehingga bagi orang – muslim tidak mudah untuk melanggar  batas-batas yang telah diterapkan oleh allah swt dalam masalah seks.
Tepat waktu dan disiplin merupakan manifetasi dari peradaban manusia , dan merupakan salah satu factor yang paling penting untuk meraih kesuksesan dan kemajuan .orang yang berpuasa harus mengalami puasanya sebelum matahari terbit dan berbuka ketika matahari terbenam .
Puasa memberikan kedamaian dan ketenangan batin kepada kita dan mendorong kita agar tidak marah .kecuali dalam beberapa kasus mewajibkan puasa untuk semua orang .Allah swt berfirman:
“Barang siapat yang berpaling dari pengajaran tuhan  yang maha pemurah, kami adakan baginya syaitan maka syaitan itu  lah yang menjadi teman yang selalu menyertainya “(QS.Az-Zukhruf: 36)

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepadaku .”(QS.Adz Dzaariyat :56)

1 komentar: