Minggu, 17 Juli 2016

SARANG LABA-LABA ? ADA PELAJARAN DI DALAMNYA !

Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung – pelindung  selain Allah swt adalah seeperti laba-laba yang membuat rumah . Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui .”(QS.Al-Ankabut: 41)

Hanya dengan sudut pandang ilmu pengetahuan modern , kita dapat memperoleh pemahaman yang baik mengenai ayat  Al-Quran diatas.Inilah contoh lain akan kekuatan dan kecermatan Al-Quran  dengan bahasanya  yang mengesan kan . 

Apa yang terjadi dengan  serangga yang berada dalam  sarang laba-laba? Mereka akhirnya akan terperangkap dan menjadi makanan laba – laba. Rumah laba-laba adalah  sebuah tempat perlindungan yang menjebak dan mengerikan. Orang-orang yang mencari pelindung selain Allah swt tak ubahnya seperti serangga yang berada di sarang laba-laba.

Laba-laba jantan tidak membangun sarang untuk menangkap makanan mereka , tetapi mereka selalu mencari laba-laba betina untuk dikawini , Namun demikian , laba-laba betina kadang-kadang  memakan laba-laba jantan jika mereka tidak meninggalkan sarang setelah kawin . begitulah kehidupan keluarga laba-laba.

Siapakah yang membangun rumah laba-laba? (QS.Al-Ankabut :41) menunjukan bahwa sarang tersebut dibangun oleh laba – laba betina ( kata kerja ittahazat ,dalam bahasa arab menunjukan subjek feminine). Para ilmuwan menegaskan bahwa diantara 10.000 spesies laba –laba , tak satu pun laba-laba jantan yang membuat sarang.Jadi , sarang laba-laba dibuat oleh laba-laba betina .AlQuran telah menegaskan fakta ini lima belas abad yang lalu dengan keakurantan 100% .

Sesungguhnya , rumah yang paling lemah adalah rumah laba – laba .Laba – laba perampok menyerbu sarang laba-laba lainnya  dengan merangkak sangat pelan sehingga penghuni sarang laba-laba tidak mengetahui apa yang terjadi . Laba-laba perampok ketika sudah sangat dekat dengan sarang laba-laba yang dituju akan menggigit dan menyuntikkan sengat beracun.

 Dengan cara ini ,laba-laba  perampok  tidak makan apa pun ,kecuali laba – laba  lainnya. Betapa mengerikannya  dan betapa tidak amannya sarang  laba – laba.Mengenai hal ini ,Al-Quran telah menyebutkannya 1400 tahun yang lalu . 
Allah swt berfirman :
“ Maka masing-masing kami siksaan disebabkan dosanya , , maka diantara mereka ada yang kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan diantara mereka ada yang di timpa suara keras yang menguntur , dan diantara mereka ada yang kami benamkan kedalam bumi .dan di antara mereka ada yang kami tenggelam , dan Allah  sekali – kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi mereka lah yang menganiaya diri mereka sendiri(QS.Al-Ankabut : 40)


“Hai orang-orang yang beriman , berdzikirlah kepada allah , zikir yang sebanyak-banyaknya .Dan bertasbihlah  kepadanya diwaktu pagi dan petang . Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat nya . supaya dia mengeluarkan  kamu dari kegelapan  kepada cahaya .Dan adalah dia maha penyayang  kepada orang-orang  yang beriman. Salam penghormatan kepada mereka pada hari mereka menemuinya ialah salam dan dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka .”(QS.Al-Ahzab: 41-44)

1 komentar: