Jumat, 30 September 2016

TUBUH MANUSIA YANG MENAKJUBKAN

Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda bagi orang – orang yang yakin , dan pada dirimu sendiri .Maka apakah  kamu tidak memerhatikan ?”(QS.Adz – Dzariyaat : 20-21)
            “ Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatu pun ataukah mereka yang menciptakan ?”(QS.Ath-Thuur: 35)
            “ Maka terangkanlah kepadaku tentang Nutfah yang kamu pancarkan .Kamkah yang mencipta kan nya atau kamikah yang menciptakannya ”(QS.Al-waaqi-ah : 58-59)


Dalam ayat Al-Quran diatas, Allah swt berfirman dan memerintahkan manusia untuk memerhatikan bahwa manusia tidak akan tercipta jika tidak ada yang menciptakan , dan manusia tidak dapat menciptakan diri mereka sendiri .Allah swt juga berfirman dengan jelas bahwa terdapat tanda – tanda kekuasaan allah swt yang sangat besar jika kita mau memikirkan  eksistensi diri  kita sendiri.


A.   OTAK
Otak merupakan organ tubuh manusia yang paling kompleks. Otaklah yang mengendalikan pusat kehidupan .otak juga merupakan organ tubuh kita yang paling misterius .Ia adalah pusat kesadaran dan pusat bawah sadar manusia , sehingga masih banyak dokter , ilmuwan , dan filsuf yang masih bingung dengan misteri otak ini .Otak dilindungi oleh tiga hal. Yang pertama, oleh tengkorak, kedua , otak dilapisi oleh tiga lapisan  membran , yakni mening. Ketiga, pembatas otak darah  sebuah membran yang memisahkan jaringan otak dengan darah .

B.    JANTUNG
Jantung kita merupakan organ yang menakjubkan , ia tidak pernah beristirahat lebih dari satu detik . Jantung bekerja sangat efisien . Bagian – bagian yang bergerak hampir- hampir tidak pernah rusak . Bagian itu  lebih awet  dari pada  pompa  yang dibuat manusia . Berat jantung hanyalah 200-425 gram . Setiap hari dalam kehidupan  orang dewasa  yang sehat , jantung memompa lebih dari 2000 galon (9 liter) darah.
C.   HATI
Hati sangat halus , berbentuk kerucut, berwarna merah ke coklatan , dan sangat kenyal . Hati terletak di bagia kanan atas abdomen (Perut) ,sebagian  dilindungi oleh tulang rusuk. Hati merupakan organ dalam tubuh kita yang paling besar dan paling berat, kurang lebih 1,6 kilogram .Hati memiliki 300 milyar sel . Prinsip kerja dan pembentuk setiap sel sangat komplek . Hati adalah  pusat dari metabolism kita , sebuah pabrik dan penyaring kimia komplek  yang mengontrol  penyerapan  makanan di tubuh .Hati melaksanakan lebih dari  500 proses berbeda untuk mengatur  semua proses kimia utama dan beberapa fungsi penopang kehidupan lainnya .Fungsi Utama HATI:
1.    Hati membantu pencernaan dengan cara membantu penyerapan lemak dan vitamin
2.    Hati mendistribusikan nutrisi dalam tubuh
3.    Hati membantu membersihkan darah dengan cara membuang racun .
4.    Hati menghasilkan protein penting dalam darah , terutama albumin (yang mengatur pertukaran air antara darah dan jaringan )
5.    Hati memberikan factor koagulasi yang sangat penting dalam penggumpalan darah setelah tubuh mengalami luka .
6.    Hati menyuplai globin , unsur hemoglobin pembawa oksigen  dalam darah .
7.    Hati membuat kolesterol dan protein yang membantu membawa lemak pensuplai energy keseluruh tubuh .
8.    Hati menyimpan glukosa yang tidak segera diperlukan tubuh dalam bentuk glikogen , yang kemudian diubah lagi menjadi glukosa dan dilepaskan kedalam aliran  darah ketika diperlukan .
9.    Hati mengatur kadar asam amino dalam darah , zat kimia yang membangun  blok protein .
10. Hati melindungi tubuh dengan membuang  bakteri dan menetralkan racun yang menumpuk .
11. Hati menyaring zat-zat kimia dan produk-produk buangan dari darah .,
12. Hati menyimpan vitamin A,B,D,E,K dan vitamin lainnya untuk disalurkan kedarah ketika persediaannya tinggal sedikit .
13. Hati mengubah gula dan lemak menjadi protein dan sebaliknya , untuk mempertahankan kadar gula darah .

D.   DARAH
Darah , cairan merah kental yang tiga kali lebih kental dibandingkan air , adalah system transportasi dalam tubuh yang terus menerus  bersirkulasi disepanjang jaringan nadi, urat nadi , dan pembuluh kapiler yang sangat rumit.Panjang keseluruhan pembuluh darah dalam tubuh manusia kurang lebih 97.000 km, lebih dari dua kali lipat lingakaran bumi. Satu tetes darah mengandung 250 juta sel. Darah menyuplai oksigen untuk mempertahankan hidup kita. Darah menyalurkan vitamin , mineral , dan nutrisi penting lain dari makanan  yang telah dicerna.
Sel darah putih lebih besar , tetapi jumlahnya lebih kecil dan tidak hidup sebagaimana sel darah merah .  sel – sel darah putih membersihkan tubuh dan berfungsi melawan infeksi dan kanker . Dalam setetes darah terdapat 7000 hingga 50000  sel darah putih , tergantung pada kebutuhan tubuh pada saat itu ,.Ada beberapa tipe sel darah putih .
a.    Nutrofil yang merupakan unsur utama nanah ,
b.    Membunuh bakteri
c.    Monosit
d.    Limfosit
e.    Kekebalan
f.     Basofil membuat heparin
g.    Zat anti penggumpalan

Platelet jauh lebih kecil dari pada sel putih atau merah , dengan jumlah 250,000 dalam tiap tetes . pleetelet menggumpal bersama –sama untuk menghentikan perdarahan . Tanpa platelet orang dapat mengalami pendarahan mematikan .
Berdasarkan pembicaraan diatas tentang beberapa organ dan bagian bagian utama dalam tubuh kita , jelaslah bahwa setiap organ dan bagian-bagian utama dalam tubuh kita menunjukan adanya rancangan luar biasa. Rancangan luar biasa  ini , kerumitannya ,dan keselarasannya tidak mungkin  terjadi tanpa adanya pencipta yang ilmunya dan kekuasaannya tak terbatas.Allah swt memerintahkan manusia untuk memerhatikan kompleksitas menakjubkan tersebut sebagai tanda-tanda kebesaran Allah swt .dalam hal ini , Allah swt berfirman :
“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan allah adalah serupa dengan sebutir  benih yang  menumbuhkan  tujuh bulir , pada tiap-tiap  bulir seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang dia kehendaki .Dan Allah maha luas lagi maha mengetahui.” (QS.Al-Baqarah : 261)

“ Maka mengapa ketika nyawa sampai dikerongkongan , padahal kamu ketika  itu melihat, dan kami lebih dekat kepadanya dari pada kamu.Tetapi kamu tidak melihat,.Kamu tidak mengembalikan nyawa itu jika kamu adalah orang-orang yang benar ?”(QS.Al-Waaqiah : 83-87)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar