Rabu, 08 Juli 2015

SEKILAS TENTANG ALAM SEMESTA YANG KITA KENAL

“Dan seandainya pohon – pohon di bumi menjadi pena dan laut , ditambahkan kepadanya tujuh laut sesudahnya , niscahaya tidak akan habis-habisnya kalimat allah . Sesungguhnya allah maha perkasa lagi maha bijaksana   (QS.Lukman : 27)

Jika kita merenungkan betapa komplek dan luasnya alam semesta yang kita kenal ini , maka hal itu dapat membantu kita menyadari akan keajaiban ayat Alquran di atas.
semesta. foto dari karlremarks.com

Dalam jangka waktu yang sangat lama, para ahli astronomi beranggapan bahwa hampir seluruh alam semesta ini terbuat dari materi biasa yang di sebut materi Barionik.Materi ini sama jenisnya dengan materi yang membentuk segala sesuatu dibumi dan semua bintang (Proton , Neutron , dan Elektron ) .Akan tetapi , sekarang mereka mengetahui bahwa materi barionik ini hanyalah bagian kecil dari materi di alam semesta .


Dengan mengukur gerakan galaksi dan bintang – bintang didalam galaksi , para ahli astronomi dapat menentukan eksistensi beberapa materi yang tak terlihat. Sekalipun materi ini tak terlihat , pangaruh gravitasi nya terhahap bintang-bintang dan planet-planet sesungguhnya dapat di ketahui . Inilah apa yang kita sebut sebagai “MATERI GELAP” .
Ada juga sesuatu yang membentuk hampir semua alam semesta , yang kita sebut sebagai
“ energi gelap”.Sifat energi Gelap ini sama sekali tidak  diketahui , tetapi kita dapat mengetahui,tetapi kita dapat mengetahui perilakunya yang agak berbeda dibandingkan materi-materi biasa lainnya . diyakini bahwa energi gelap ini dipengaruhnya berkebalikan dengan gravitasi , karena ia menolak segala sesuatu , sehingga menyebabkan terjadinya pemekaran alam semesta .
            Observasi terkini terhadap Cosmic Microwave Back Ground menunjukan adanya pemecahan relative pada setiap komponennya . Estimasi yang terbaik menunjukan bahwa 4 % Alam semesta terbuat dari materi barionik , 23% materi gelap , dan 73% energy gelap . Betapa misteriusnya sehingga kita hanya dapat melihat 4% materi pada alam semesta yang sangat besar ini.
            Saat memandang angkasa secara sekilas, terlihat adanya kumpulan bintang-bintang yang dikenal sebagai galaksi .Galaksi adalah kumpulan bintang – bintang yang saling terpisah ( kurang lebih 100 milyar, tetapi menurut perkiraan lain terdapat lebih dari 130 milyar galaksi di alam semesta), dan semua itu terlihat membentuk alam semesta ,dan rata-rata terdapat 100 milyar bintang dalam setiap galaksi . Galaksi kita sendiri, yakni Bimasakti , terdiri atas beberapa ratus milyaran bintang ,dan bentuknya seperti cakram dengan diameter 90.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya adalah jarak yang harus di tempuh oleh cahaya dalam setahun =365x60x60x300000 kolimeter).Bumi kita (dan matahari) kurang lebih 30.000 tahun cahaya jauhnya dari pusat , atau sekitar  dua per tiga jarak antara ujung galaksi dengan pusat. Matahari membawa system tata surya kita dengan kecepatan 230 kilometer perdetik ,dan menyelesaikan orbit galaksinya setiap 250 juta tahun . Dengan demikian , bumi telah mengelilingi galaksi kurang lebih 18 kali sejak terbentuk , yakni kurang lebih 4.6  milyar tahun yang lalu .Dengan demikian,segala sesuatu yang kita lihat dengan mata telanjang dilangit gelap adalah bagian dari Bima sakti kita ,kecuali untuk benda-benda diluar galaksi yang dapat dilihat seperti M31,galaksi Andromeda.
Bima sakti layaknya sebuah pulau ratusan milyar bintang,gas,dan debu , yang ditopang bersama-sama oleh gravitasi cakram raksasa yang dikelilingi oleh lingkaran cahaya gugusan globular ,yang lebih keci  dari gugusan bintang. Bintang-bintang di cakram orbit galaksi mengitari pusatnya seperti planet-planet mengelilingi matahari .Dengan mempelajari cara bintang-bintang melakukan orbitnya , dapat diketahui secara rinci mengenai medan gravitasi pada galaksi sehingga dapat menjelaskan tentang massanya . Adapun massa totalnya adalah 1 triliun kali massa matahari kita , yang kurang lebih 10 kali massa semua bintang yang terlihat di bima sakti jika digabungkan bersama-sama. Massa yang tidak dapat dihitung merupakan bukti yang kuat bahwa terdapat energy gelap digalaksi kita ,yakni materi yang memengaruhi medan gravitasi pada galaksi , tetapi tidak dapat kita lihat .
            Yang sangat menarik ,galaksi Andromeda , yang jaraknya 2.3 juta tahun cahaya dari Bimasakti ,merupakan salah satu diantara beberapa galaksi yang bergerak menuju kita ( 162,000 mil perjam ). Berdasarkan jaraknya ,kita tidak perlu khawatir akan segera terjadi tabrakan.
            Kita dapat melihat bahwa suhu  berbagai bintang  kurang lebih 3000 K hingga 50.000 K.Bintang –bintang biru lebih panas daripada bintang –bintang merah .Cemerlangnya sebuah bintang tergantung pada gemerlapnya dan jaraknya dari kita . Dengan demikian ,sebuah bintang tampak redup karena memang pada dasarnya ia redup , atau karena sangat jauh dari kita cahaya bintang lebih redup dari matahari dengan hitungan factor 10.000 ,atau mungkin lebih cemerlang dari matahari hingga jutaan kali . Jika kita mengetahui kecermerlangan sebuah bintang , kita dapat menentukan panjang jari – jari bintang tersebut . Kita lihat bahwa beberapa bintang ( misalnya , Betelguese yang kurang lebih 500 kali jari –jari matahari , Artinya ,ukurannya 125 juta kali di bandingkan matahari kita ) ukurana nya lebih besar dari pada matahari . perlu diketahui bahwa matahari kita volumenya kurang lebih 13000000 kali lebihb besar dibandingkan bumi kita.
            Jika kita merenungkan tentang alam semesta kita akan menyadari betapa luasnya alam semesta.Inilah kerajaan allah swt Dialah penguasa tunggal dari kerajaan itu .Namun demikian , para ilmuwan masih berada dalam keraguan mengenai jumlah alam semesta secara tepat. Ketika Al-Quran diwahyukan kepada umat manusia, mereka memiliki pengetahuan yang sempit dan sedikit tentang alam semesta ini . Tetapi sejauh ini kita tahu ( tentu saja pada saat ini ,dalam hal ini kita masih berada dalam tahap awal pengetahuan) kita dapat menyadari masalah tersebut dalam ayat Al – Quran (QS.Lukman : 27).Beberapa dasawarsa yang lalu mustahil untuk menjelaskan alam semesta kita atau ayat Al – Quran yang ajaib dengan cara seperti ini.
            Dalam hal ini , Allah swt Berfirman :

            “ sesungguhnya telah kafirlah orang –orang yang berkata, sesungguhnya allah itu ialah Al –Masih putra Maryam .katakanlah ,maka siapakah yang dapat menghalang – halangi kehendak allah , jika dia hendak membinasakan Al –Masih putra Maryam itu beseta ibu nya dan seluruh orang – orang yang berada di bumi kesemuannya ? kepunyaan allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara kedua nya ,Dia menciptakan apa yang di kehendakinya .Dan allah maha kuasa atas segala sesuatu”(QS.Al-Maa’idah:17).

“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya .Demikianlah ketetapan yang maha perkasa lagi maha mengetahui “(QS.YAASIN : 38)

“’Kitab diturunkan dari allah yang maha perkasa lagi maha bijaksana .”(QS.AL-jaatsiyah :2).
ditulis ulang dari buku Einstein aja baca quran : 43 keajaiban ilmu pengetahuan dalam al quran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar