Rabu, 15 Juni 2016

Mungkin Kah Semut Berbicara ?

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut , Hai semut-semut , masuklah kedalam sarang –sarang mu , agar kamu tidak diinjak oleh sulaiman  dan tentaranya , sedangkan mereka tidak menyadari .”(QS.An-Naml :18)

1400 tahun yang lalu Allah swt memberitahukan kepada manusia bahwa semut dapat berbicara satu sama lain . Saya kira pada waktu itu orang – orang kafir akan mengejek dan menertawakannya . Tetapi penelitian ilmu pengetahuan modern  mengungkap bahwa semut tidak saja berbicara , tetapi juga seringkali mengadakan pertemuan . Ketika seekor  semut ingin menarik perhatian  semut yang lain , Maka ia mengetuk kepala semut lainnya dengan antenanya . 

Jika kita memiliki cara berekspresi yang berbeda-beda seperti suara, sentuhan , pandangan , isyarat , dan sebagainya .Maka semut juga berkomunikasi secara kimiawi , dengan sentuhan , suara , bau dan pandangan .semut juga dapat mentransmisikan suara dengan cara mengetuk tubuhnya pada salah satu bagian di sarang . semut berkomunikasi sangat lah cerdiknya, ketika mereka menemukan makanan ,mereka menciptakan jejak kimiawi yang di sebut PHEROMONES semut lainnya dapat mengikuti jejak ini dengan menggunakan antenna mereka .
Banyak sekali fakta yang menarik tentang semut , disini saya hanya akan mengetengahkan sebagian :
1.    Kurang lebih terdapat delapan ribu spesies semut.semut dapat tumbuh dari 0,8 inci  hingga 2 inci .
2.    Semut bekerja keras seperti bulldozer mini. Mereka dapat mengangkat beban yang beratnya dua puluh kali berat badan mereka .
3.    Semut sangat bersih . mereka  menggunakan kaki kecil mereka untuk membersihkan antenanya . semut memiliki bau yang Khas seperti Parfum ,. Tubuh  mereka menghasilkan cairan kimiawi yang berbau yang disebut feromon .
4.    Ketika ratu semut meletakkan telurnya , para semut pekerja mengambilnya dimulut mereka . kemudian mereka membawa telur tersebut dalam ruangan khusus dimana mereka akan menghangatkan dan menyelamatkan telur tersebut .Jika musuh datang para semut pekerja berlari dan menyembunyikan  telur-telur tersebut dan melindungi semut-semut muda . semut besar pengawal membuat lingkaran besar disekitar sarang .  tugas semut pengawal adalah melawan musuh .
5.    Pasukan semut tidak tinggal diam disatu sarang dalam waktu yang lama.Mereka berbaris bersama – sama seperti tentara. Hingga 150.000 semut dapat berbaris bersama –sama .
6.    Semut mengubur semut yang mati lainnya seperti manusia mengubur orang mati .
7.    Semut memiliki system pembagian kerja yang menakjubkan , dimana ada yang menjadi manajer , supervisor , buruh , pekerja , dan sebagainya .
8.    Kadang – kadang mereka saling bertemu  untuk ngobrol .
9.    Semut – semut mengadakan pasar secara berkala dimana mereka saling menukar barang.
10. Mereka menyimpan  biji- bijian untuk jangka waktu  yang lama di musim dingin , dan jika biji-bijian itu basah karena hujan dan sebagainya , mereka mengambil biji-bijian itu untuk dikeringkan di bawah sinar matahari , dan jika telah kering , mereka menyimpannya kembli didalam seakan – akan mereka mengetahui  kelembaban dapat menyebabkan biji-bijian itu membusuk .
11. Semut seperti , halnya dengan mengendara motor, tidak menyukai kemacetan , sehingga mereka mencari rute alternative untuk menghindari kemacetan .

Mengapa Allah swt berfirman bahwa semut dapat berbicara (kita baru menyadari nya pada zaman modern ) . Dia menjadikan ayat ayat ini jelas , bahwa Al-Quran yang diwahyukan 1400 tahun yang lalu benar-benar firman Allah swt .Dia berfirman :

“ Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia maha mengetahui segala isi hati .”(QS. Fathir : 38)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar