Sabtu, 27 Juni 2015

ALAM SEMESTA BERASAL DARI ASAP

“ Kemudian dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu ketika masih merupakan asap…” (QS.Fush shilat : 11)

 
ilustrasi.foto feelgrafix.com
Setelah terjadinya Big Bang dan sebelum terbentuknya galaksi , semua materi berbentuk Asap yang panas .Bukan itu saja , sebelum temperaturnya mencapai di bawah 3000K, Semua materi berbentuk plasma yang lazimnya disebut sebagai bentuk  materi keempat. Selama berbentuk plasma, materi tersebut sangat padat , dan setelah berubah menjadi berbagai elemen netral sehingga materi tersebut menjadi trasparan . 

Sabtu, 20 Juni 2015

TERDAPAT LEBIH DARI SATU ALAM SEMESTA

“ maka Dia menjadikannya tujuh langit dari dua masa. Dia mewahyukan pada  tiap – tiap langit urusannya . Dan kami hiasi langit yang dekat dengan  bintang- bintang yang cemerlang dan kami memelihara nya dengan sebaik –baiknya . Demikianlah ketentuan yang maha perkasa lagi maha mengetahui . ( QS . Fush Shilat : 12).

“ Tidakkah kamu perhatikan bagaiman Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat ?”(QS.Nuh :15).

foto dari the-universe.ie

Berdasarkan ayat-ayat diatas, jelaslah bahwa ada tujuh alam semesta (langit) dan setiap alam semesta memiliki seperangkat hukum alam yang berbeda – beda.

Kamis, 18 Juni 2015

KEHANCURAN DAN PENCIPTAAN KEMBALI ALAM SEMESTA

Allah swt berfirman :

  “ Hanya kepada –Nyalah kamu semuanya akan kembali ,sebagai janji yang benar dari Allah. Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya kembali ,agar dia memberi pembalasan  kepada orang-orang  yang beriman dan yang  mengerjakan amal saleh dengan adil . Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih di sebabkan  kekafiran  mereka.” (QS.YUNUS :4).
 
ilustrasi . foto texler.deviantart.com
 “ Pada hari kami gulung langit sebagai menggulung lembaran – lembaran kertas. Sebagaimana kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah kami akan mengulanginya . Itulah suatu janji yang pasti kami tepati , sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya .” (QS.Al-Anbi yaa : 104).

Rabu, 17 Juni 2015

BUMI BERBENTUK BULAT TELUR

Pada zaman dahulu, orang menyakini bahwa bumi itu datar. Sebelum Al-Qur’an diturunkan , anggapan  bahwa bumi itu datar menyebar dimana – mana . Selama berabad- adab , sekalipun orang telah  bepergian sangat jauh , mereka gagal menemukan tepi bumi .  Sir Frasncis Drake adalah orang pertama  yang membuktikan bahwa bumi itu bulat, yakni ketika dia berlayar mengelilingi bumi pada tahun 1597. Perhatikanlah ayat Al- Qur’an berikut ini mengenai pergantian siang dan malam .
foto.defwalls.com

“Tidakkah kamu memerhatikan bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam?”(QS.Lukman : 29) .

Senin, 15 Juni 2015

ALAM SEMESTA BEREDAR DALAM ORBIT YANG PASTI

 “ Dan dialah yang telah menciptakan malam dan siang ,matahari dan Bulan ,Masing-masing dari keduannya itu beredar didalam garis edarnya .”(QS.AL –ANBIYAA’: 33).

 Pada zaman kuno,hampir semua ilmuwan  dan filsuf meyakini bahwa matahari , bulan , bintang dan semua planet lain bergerak mengelilingi bumi yang diam .seorang ilmuwan  yunani termansyur ,ptolomeus (100-170 SM) , menyakini bahwa matahari ,bulan dan bintang  , dan semua planet lainnya bergerak mengelilingi bumi yang diam . dan celakanya , pandangan salah ptolomeus tersebut pada akhirnya menjadi bagian dari dogma Kristen . yang mengherankan , tak seorang pun menyatakan keberatan dengan pandangan ptolomeus tersebut hingga abad kelima belas.

foto:getwallpapers.net

Rabu, 10 Juni 2015

Kehancuran Besar

Allah SWT berfirman :

"Pada hari Kami gulung langit seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tetapi, sesungguhnya Kamilah yang akan melaksakannya" ( Qs. Al-Anbiyaa : 104 )


foto dari davidreneke.com

Itu artinya Allah SWT akan melenyapkan seluruh alam semesta sebagaimana mulanya tidak ada, dan Dia akan menciptakan kembali alam semesta yang baru. Apabila alam semesta ini ukurannya cukup besar, akan terjadi daya gravitasi luar biasa yang menyebabkan alam semesta berhenti berkembang, kemudian akan kembali seperti sediakala. Jika ini terjadi. alam semesta akan berakhir dalam bentuk bencana yang dahsyat. Ahli kosmologi menyebut peristiwa ini sebagau "kehancuran Besar".

Selasa, 09 Juni 2015

BIG BANG - Ledakan Besar

Allah SWT berfirman :

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلا يُؤْمِنُونَ

" Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapa mereka tiada juga beriman ? "(Qs. Al-Anbiyaa' : 30)

Lihatlah betapa ayat yang agung di atas sangat sesuai dengan sains modern. Menurut teori kosmologi, kurang lebih 15 miliyar tahun yang lalu terjadi ledakan hebay yang dikenal sebagai Big Bang, yang menyebabkan mekarnya alam semesta. Dalam peristiwa ini dimasukan semua materi dan energi ruang angkasa.

big bang . foto planck.cf.ac.uk
Pada tahap selanjutnya, alam mengalami pemekaran dan menjadi dingin, kemudian muncul lah apa yang yang kita kenal sebagai galaksi, bintang, planet dan sebagainya.