Senin, 21 September 2015

GELOMBANG DI KEDALAMAN LAUTAN

“Atau seperti gelap gulita dilautan yang dalam ,yang diliputi oleh ombak ,yang diatasnya ombak ,diatasnya awan ,gelap gulita yang tindih –bertindih ,apabila dia mengeluarkan tangannya ,, tiadalah dia dapat melihatnya ,barangsiapa yang tiada diberi cahaya oleh allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.”(QS.An-Nuur: 40)
 
pic. walloza.com
Al – Quran telah menyatakan sejak 1400 tahun yang lalu bahwa terdapat gelombang di kedalaman lautan . Dalam ayat tersebut juga dinyatakan adanya gelap gulita yang bertindih-tindih karena lautan sangat dalam . Rata-rata kedalaman lautan adalah 3795 meter. Tanpa peralatan pelindung, manusia tidak dapat menyelam di bawah 40 meter.pada kedalaman 200 meter , cahaya semakin menghilang ,lapis demi lapis . Setelah 200 meter ,Hampir –hampir  tidak ada cahaya.


Gelombang di dalam lautan baru dikenal dalam dua dasawarsa terakhir ini karena di temukan nya alat penginderaan jarak jauh dari platform ruang angkasa . Gelombang didalam laut membentuk batas-batas di antara lapisan-lapisan dari berbagai kepadatan air karena adaanya perbedaan kecepatan antara batas-batas air,yakni ketika batas air yang diatas dan dibawah bergerak berlawanan arah atau dalam arah yang sama tetapi berbeda kecepatan . Fluktuasi air dapat terjadi apabila pergantian air terjadi secara vertical sehingga terjadilah gelombang didalam lautan. Mungkinkah 1400tahun yang lalu seseorang didunia ini dapat membayangkan bahwa terdapat gelombang yang terjadi dilaut dalam karena adanya berbagai lapisan air sebagai akibat dari kepadatan berbagai lapisan air ? Dalam hal ini , Allah swt berfirman :
“ Alif laam raa, suatu kitab yang ayat –ayat nya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci , yang diturunkan dari sisi yang maha bijaksana lagi mahatahu .” (QS.Hud: 1)

            Dalam konteks ini sangatlah menarik untuk diketengahkan sebuah fakta . Ada sebuah cerita yang berasal dari Toronto beberapa tahun silam ,tentang seorang nelayan yang mencari nafkah nya dilaut. Seorang muslim memberikan terjemahan Al-Quran agar dibaca  olehnya nelayan itu tidak tahu apa pun tentang sejarah islam tetapi ia tertarik untuk membaca Al-Quran .Ketika ia selesai membacanya , ia mengembalikan Al-Quran itu kepada orang muslim tadi dan bertanya “ apakah Muhammad saw. Seorang pelaut ? ternyata ia sangat terkesan betapa Al-Quran menjelasakan dengan akurat tentang badai di laut. Ketika ia diberitahukan “ tidak sesungguhnya Muhammad saw karena ia pernah mengalami badai dilaut, Orang tertentu tidak dapat menharapan penjelasan .
“ yang diliputi oleh ombankyang diatas ombakdiatasnya awan gelap gulita yang tindih-tindih(QS.An-Nutr 40)
Dari orang yang tidak terbiasa dengan badai dilaut . ini merupakan  salah satu contoh betapa jelasan alquran tidak terbatas.,pada tempat dan waktu tertentu.
Dalam hal ini , allah swt berfirman :
“ Hai manusia , sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari tuhanmu .dan telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang “ (QS.An-Nisaa: 174)

            “ Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kami disegala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri ,hingga jelas bagi mereka bahwa al quran itu adalah benar .tidakkah cukup bahwa sesungguhnya tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?”(QS.Fush Shilat: 53)

iklan : guru les privat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar