Sabtu, 19 September 2015

MANUSIA BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI

“Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia ,supaya allah merasakan kepada mereka sebagian dari perbuatan mereka agar mereka kembali .”(QS.Ar-Ruum: 41)


Ketika AlQuran diturunkan ,umat manusia sama sekali tidak mengetahui tentang berbagai kerusakan yang ditimbulkan oleh manusia yang tampak jelas bahwa teknologi manusia telah memperkenalkan perubahan besar di skala global yang menyebabkan terjadinya kerusakan bumi .


1.    Lubang lapisan Ozon
Ozon adalah molekul yang tersusun atas tiga atom oksigen , bukannya dua atom oksigen (O2).ozon menyerap radiasi ultraviolet yang berbahaya dengan siklus sebagai berikut :

            03  + sinar ultraviolet            - - - > 0 + 02
                0 + 02 + sinar matahari        - - - > 03

Itu artinya ,jika tidak ada gangguan buatan , lapisan ozon tidak akan berlubang, sedangkan radiasi yang berbahaya adalah karena adanya kerusakan pada lapisan ozon .
Bagaimanapun , diperkenalkannya CFCs menyebabkan terjadinya kerusakan sebagian pada lapisan ozon.


2.    Hujan asam
     Polusi yang ditimbulkan oleh pembakaran bahan bakar fosil sebagaimana yang digunakan untuk pembangkit listrik dan menjalankan mobil telah memunculkan masalah berupa hujan asam singkatnya ,Zat – Zat kimia seperti nitrogen oksida, komponen sulfur, hidrokarbon (dari hasil pembakaran bahan bakar fosil) , bercampur dengan air diatmosfer dan membentuk asam nitrat serta asam sulfur .

3.    Efek rumah kaca
Jika kaca didalam rumah kaca memerangkap panas didalamnyua , gasa diatsmosfer memerangkap sebagian panas yang keluar dari bumi , sehingga menciptakan efek rumah kaca.
Tanpa efek rumah kaca ini ,, suhu bumi rata-rata akan menjadi -200C ,dibandingkan dengan suhu saat ini yang kira-kira + 200C (planet venus , dengan suhu permukaan kira-kira 4500C,merupakan contoh di mana efek rumah kaca sangat ekstrem). les privat
Karena peningkatan suhu global ini , lempengan es raksasa didaerah kutub mecair  sedikit demi sedikit sehingga meningkatkan volume air laut serta pantai . akibatnya daerah yang relative rendah dapat tenggelam di kemudian hari. Apa yang difirmankan oleh allah swt betapa manusia membuat kerusakan di bumi baru di pahami pada zaman modern ini. Allah swt berfirman :

“ Mengapa allah akan menyiksamu ,jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah maha mensyukuri lagi maha mengtahui.” (QS.An-Nissa’:147)


“ Apabila orang – orang munafik datang kepadamu ,mereka berkata , kami mengakui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar rasul allah ,dan allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar rasul-nya ,dan allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang yang berdusta .”(QS.Al-Munaafiquun: 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar