Selasa, 06 Oktober 2015

MENGAPA ALLAH SWT TIDAK DAPAT DILIHAT?

“Dan tatkala musa datang untuk pada waktu yang telah kami tentukan dan tuhan telah berfirman kepadanya .Berkatalah musa , ya tuhanku , tampakkanlah kepadaku agar aku dapat melihat kepada engkau . Tuhan berfirman kamu sekali –kali tidak sanggup melihatku,tapi lihatlah kebukit itu , maka jika ia tetap ditempatnya , niscahaya kamu dapat melihat ku . Tatkala tuhannya menampakan diri kepada gunung itu , dijadikannya gunung itu hancur luluh dan musa pun jatuh pingsan. Maka setelah musa sadar kembali dia berkata , mahasuci engkau ,aku bertaubat kepada engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman .” (QS.Al-A’raaf: 143)

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan dia dan Dialah yang maha mendengar dan melihat .”(QS.Asy-Syuura:11)
“ Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya ,dan kami lebih dekat dengan kepadanya dari pada  urat lehernya .”(QS.Qaaf:16)



Berdasarkan ayat Al-Quran diatas dinyatakan bahwa tak seorang pun dimuka bumi ini yang dapat melihat Allah swt.,Meskipun dia sangat dekat dengan kita . Mengapa  manusia tidak dapat melihat melihat allah swt? Sesungguhnya jawabannya dapat kita peroleh dari ayat suci Al –Quran diatas (QS.Asy Syuura:11).Allah swt tidak seperti sesuatu , benda , orang , dan sebagainya . Dia tidak dapat dilihat,dibayangkan , dipikirkan ,dan sebagainya . Dapatkah ilmu pengetahuan modern membantu  kita memahami fenomena yang pelik ini ? Ya , dengan menggunakan teori fisika modern , kita dapat memahami persoalan ini .
Menurut fisika partikel , setidaknya ada sepuluh dimensi ruang yang ada dalam penciptaan alam semesta. Tiga diantara dimensi ini (plus waktu) membentuk berbagai ruang –waktu yang berlangsung dapat kita lihat .Enam dimensi lainnya ada di alam semesta sebagai dimensi ruang yang sangat kompak . Allah swt dapat menjalankan kesepuluh dimensi tersebut ditambah dimensi-dimensi lainnya supaya dapat menciptakan alam semesta.Sekarang , masalah terpenting dalam hal ini adalah bahwa sebagai makhluk yang ada dalam dimensi diluar tiga dimensi ruang (x,y,z)tidak akan dapat kita lihat. Allah swt mahakuasa .Jika Allah swt dibatasi oleh tiga dimensi ruang dan satu dimensi waktu , maka dia hanya dapat berada disatu tempat dan satu waktu .Allah swt mengetahui semua yang kita ketahui .kita tidak dapat menyembunyikan apa pun dari allah swt .makhluk tiga dimensi tidak akan mampu melihat melalui dinding ( dapatkah kita melihat nya ?) Dan tidak dapat mengetahui apa yang terjadi diluar apa yang dilihatnya . kita tidak dapat melihat Allah swt yang ada dalam dimensi diluar dimensi kita. Untuk memahami fakta ini , Marilah kita melihat contoh yang sederhana .
Bayangkan kita sebagai pengamat alam semesta yang didalamnya hanya berisi dua dimensi ruang (katakanlah X Dan Y ), sehingga memiliki satu dimensi lagi (z) daripada makhluk –makhluk yang kita hidup didalamnya didua alam semesta dimensional ini .
Ketika Mr.Flat memandang mrs.flat ,dia hanya melihat satu sisi disatu waktu .didunia dua dimensi ini, Mrs.Fat tampak dalam pandangannya sebagai sebuah garis segmen.Agar dapat melihat seluruhnya bentuk  Mrs.Flat ,Mr.flat harus berjalan mengeliling istri nya . Dari setiap sudut,Mr.Flat  hanya akan melihat satu satu dua garis segmen dari panjang yang berbeda – beda yang membentuk Mrs.Flat.sebuah gambar yang lengkap tentang mrs.Flat sebuah gambaran yang lengkap tentang Mrs.Flat  hanya dapat dibentuk dalam pikiran Mr.Flat.







               Mrs.Flat                                                       Mr.Flat
Keterangan gambar :” sebagai penjelasan ,andaikan halaman ini kita bayangkan sebagai bagian dari dunia Mr.dan Mrs Flat Keluarga Flat(x,y) yang dibatasi oleh bidang dari halaman ini dan hanya dapat bergerak dalam sebidang kertas ini . Mereka tidak dapat melihat atau berinteraksi dengan bagian mana pun  dari dimensi ketiga (z) dari dunia tiga dimensi (x,y,z).
            Meskipun demikian , sebagai pengamat dari dunia tiga dimensional ,kita dapat melihat secara keseluruhan Mrs.Flat dalam satu waktu , kita tidak saja dapat melihat seluruh Mrs.flat ,tetapi juga seluruh Mrs.Flat sekaligus .Bahkan kita dapat melihat bagian dalam Mrs. Flat ,sesuatu yang tidak pernah dapat diihat oleh Mr.Flat ,Kecuali jika ia membedahnya . Begitu juga Allah swt dari dimensi lain dia dapat sekaligus melihat semua isi dan bagian dalam diri kita semua .
            Seandainya Mrs.Flat ingin menyendiri sejenak , maka dia pergi kekamar dan mengunci dirinya . Mr.Flat tidak dapat melihat ,karena ia dikelilingi oleh empat tembok .Namun demikian ,Kita dapat melihatnya karena dinginnya tidak meluas hingga ketiga dimensi (z) dari dunia kita. Demikian pula halnya, Allah swt yang memiliki ekstra dimensional dapat melihat kita sepanjang masa, tetapi kita tidak dapat melihatnya ,sekalipun kita berusaha bersembunyi dibelakang tembok tiga dimensi kita atau menyelam kedalam air , kita tidak dapat melampaui tiga dimensi ruang ini(x,y,z) . Dengan demikian , dalam semua situasi dan posisi dia akan melihat kita.Allah swt berfirman :


“Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang dia dapat melihat segala yang kelihatan ,dan dialah yang maha halus lagi maha mengetahui .” (QS.Al-An’aam:103)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar